PT Home Credit Indonesia     ̶   Ketentuan Penggunaan Aplikasi Seluler


Terakhir diperbaharui: 29 Januari 2020

PT Home Credit Indonesia ("Home Credit") adalah suatu Perusahaan Pembiayaan yang terdaftar dan memiliki perijinan dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ("OJK").

Penggunaan Aplikasi Seluler ("Aplikasi") ini tunduk terhadap syarat dan ketentuan, sebagaimana dijelaskan disini, serta syarat dan ketentuan tambahan, peraturan, sanggahan dan pemberitahuan yang ditampilkan oleh Home Credit dimanapun dalam Aplikasi dari waktu ke waktu (secara bersama-sama disebut, "Ketentuan Penggunaan").

Dengan menekan tombol "Setuju", anda mengonfirmasi bahwa anda telah membaca dan setuju untuk terikat terhadap Ketentuan Penggunaan Aplikasi sebagaimana dapat diubah dari waktu ke waktu (selanjutnya disebut sebagai "Pengguna"). Apabila anda tidak menyetujui dengan ketentuan-ketentuan dalam Ketentuan Penggunaan, jangan menggunakan Aplikasi ini.

  1. Penggunaan Aplikasi

    Aplikasi dimiliki, dioperasikan dan disediakan oleh Home Credit dan dibuat untuk menyediakan hal-hal sebagai berikut kepada Pengguna:

    1. Informasi sehubungan dengan pembiayaan antara konsumen dengan Home Credit dan penawaran atas beberapa produk baru dari Home Credit kepada Pengguna dari waktu ke waktu dengan cara (i) memberikan pemberitahuan (push notification) dengan pop-up; dan (ii) mengirimkan pesan kepada inbox Pengguna dalam Aplikasi. Pengguna berhak untuk tidak mendapatkan pesan pop-up tersebut dengan cara mematikan tombol untuk pesan sebagaimana diinstruksikan dalam Aplikasi, akan tetapi, Pengguna akan tetap menerima pesan tersebut dalam inbox;
    2. Pengajuan pembiayaan untuk Pengguna. Pengajuan pembiayaan dapat dilakukan Pengguna dengan mengisi formulir pengajuan pembiayaan yang tersedia di Aplikasi, dimana Pengguna harus memberikan informasi dan data pribadi yang akurat. Apabila pengajuan pembiayaan tersebut telah disetujui oleh Home Credit, Home Credit kemudian akan menyediakan Perjanjian Pembiayaan serta Syarat dan Ketentuan Umum kepada Pengguna untuk disetujui dan ditandatangani oleh Home Credit dan Pengguna. Informasi lebih lanjut mengenai cara pengajuan pembiayaan akan tersedia di Aplikasi;
    3. Pengumpulan data dan/atau informasi pribadi Pengguna sebagaimana diminta oleh Home Credit tersedia di dalam Aplikasi;
    4. Informasi mengenai impian Pengguna (Impianku/My Dream). Pengguna dapat menyampaikan apa yang mereka ingin beli di kemudian hari dalam fitur Impianku/My Dream pada Aplikasi, dimana Home Credit akan menerima informasi tersebut untuk memberikan penawaran pemasaran yang disesuaikan. Home Credit akan pula memberikan saran kepada konsumen mengenai bagaimana bersikap (misal: bayar tepat waktu) agar dapat memenuhi syarat untuk meraih impiannya tersebut. Namun demikian, saran tersebut tidak menjamin konsumen akan disetujui untuk memperoleh pembiayaan di masa mendatang;
    5. Survei, kuis, dan pembagian hadiah. Home Credit akan menyediakan tautan (link) atas survei, kuis dan pemberian hadiah tertentu kepada Pengguna dimana Home Credit akan menyediakan hadiah. Seluruh kepesertaan bersifat opsional. Pengguna akan pula diminta untuk menyampaikan umpan balik melalui survey Aplikasi untuk kepentingan pemasaran;
    6. Contoh atas cicilan pembiayaan Pengguna dalam bentuk simulasi;
    7. Tampilan cara menghubungi Pengguna/permintaan untuk menghubungi kembali Pengguna. Tampilan ini akan meminta Pengguna untuk memberikan nomor telepon selular, waktu dan informasi lainnya sehingga Home Credit dapat menghubungi Pengguna berdasarkan informasi yang diberikan oleh Pengguna dalam tampilan ini;
    8. Informasi umum HCID;
    9. Keputusan penilaian yang lebih baik, dengan cara sebagai berikut:
      1. Dengan memilih tombol "Verifikasi Data Anda" atau dengan mengajukan permohonan Pembiayaan melalui Aplikasi, Home Credit akan mengumpulkan informasi metadata perangkat Pengguna yang akan dikumpulkan baik secara langsung melalui Home Credit atau melalui aplikasi pihak ketiga yang menempel dengan Aplikasi ini untuk mengakses data atau informasi Pengguna berdasarkan atas persetujuan Pengguna hanya untuk tujuan agar Home Credit dapat memberikan keputusan penilaian yang lebih baik kepada Pengguna. Aplikasi pihak ketiga ini harus digunakan untuk keputusan penilaian Home Credit. Data yang diunduh dan disimpan melalui layanan ini hanya merupakan informasi metadata (ukuran file, jumlah file, tanggal file dan resolusi) tetapi bukan konten dari: (i) akun dan aplikasi terdaftar, (ii) suara/audio, (iii) panggilan(-panggilan); (iv) data umum-operator telepon selular dan pengaturan (misal, jaringan operator dan penggunaan jaringan, Wi-Fi, Bluetooth, kota dan kode negara penyedia kartu SIM dan seluruh pengaturan dan perizinan telpon genggam), (v) Gmail, (vi) platform, (vii) informasi mengenai tipe perangkat (device type) dan perangkat keras/hardware, (viii) Layanan Pesan Singkat (SMS), (ix)browsing history dari telepon genggam anda, (x) kontak, (xi) gambar, (xii) video, (xiii) kalender, jadwal kalender, peserta yang hadir dan pengingat (xiv) data serta dokumen yang diunduh, dan (xv) kepastian lokasi GPS; dan
      2. Dengan memilih tersambung kepada tombol "Media Sosial"/ "Internet Banking"/ "Perdagangan Online (Online Shop)" dalam Aplikasi atau dengan memasukan permohonan aplikasi Pembiayaan melalui Aplikasi, Home Credit akan mengumpulkan riwayat laman yang anda kunjungi/transaksi perbankan/transaksi(-transaksi) online yang akan dikumpulkan dari aplikasi pihak ketiga yang menempel dengan Aplikasi yang bekerja sama dengan Home Credit berdasarkan atas persetujuan Pengguna hanya untuk tujuan Home Credit memberikan keputusan penilaian yang lebih baik kepada Pengguna. Apabila Pengguna memilih untuk tidak menggunakan aplikasi ini (opt out) atau mengajukan permohonan aplikasi Pembiayaan, Pengguna dipersyaratkan untuk menekan tombol "Tersambung ke akun Media Sosial" dan/atau "Tersambung ke akun Internet Banking" dan/atau "Tersambung ke akun Perdagangan Online (Online Shop)" pada Aplikasi. Setelah Pengguna menekan salah satu pilihan di atas, Pengguna harus masuk (log in) kepada akun Media Sosial/ Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) dengan cara memasukan nama pengguna/ username dan kata sandi/password anda. Setelah Pengguna telah berhasil masuk kepada akun Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) anda, aplikasi pihak ketiga yang menempel dengan Aplikasi ini akan mengambil riwayat laman yang anda kunjungi/transaksi perbankan/transaksi online (khususnya untuk transaksi perbankan, informasi yang diambil adalah transaksi perbankan anda selama 6 bulan terakhir). Data yang diunduh dan disimpan melalui layanan ini hanya merupakan informasi metadata (ukuran file, jumlah file, tanggal file dan resolusi) tetapi bukan konten dari: (a) informasi akun media sosial; (b) informasi akun perdagangan online; dan (c) informasi akun transaksi perbankan termasuk: (i) nama bank; (ii) negara bank; (iii) singkatan dari bank; (iv) nomor rekening bank; (v) kurs rekening bank; (vi) IBAN bank; (vii) nama pemilik rekening bank; (viii) informasi pinjaman; (ix) informasi aliran keuangan; dan (x) informasi transaksi, dan memberikan Home Credit informasi tersebut dalam bentuk metadata. Home Credit hanya akan melihat tanggal dan nilai transaksi atas informasi tersebut dan tidak dapat melihat transaksi secara lengkap/detail. Home Credit (termasuk perwakilan dan petugasnya yang sah) tidak akan menyimpan nama pengguna/ username dan kata sandi/password Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop). Aplikasi pihak ketiga tidak akan menyimpan informasi tersebut ke dalam sistemnya. Home Credit akan menyimpan informasi yang diberikan oleh pihak ketiga ke dalam sistemnya, akan tetapi, Pengguna berhak untuk meminta agar informasi tersebut di hapus dari sistem Home Credit dengan cara menghubungi layanan konsumen Home Credit melalui email ke: care@homecredit.co.id dan meminta agar permintaan Pengguna kepada Home Credit untuk menghapus informasi tersebut dari sistem Home Credit.

    Informasi dan materi atas Aplikasi disediakan "sebagaimana adanya" hanya untuk keperluan secara umum. Beberapa informasi yang disediakan dalam Aplikasi hanya dibuat sebagai ilustrasi, oleh karena hal tersebut, Home Credit tidak akan bertanggung jawab atas informasi tersebut dan Pengguna tidak dapat menuntut Home Credit atas informasi tersebut dalam bentuk apa pun. Home Credit tidak akan bertanggung jawab, apabila perangkat selular Pengguna mengalami beberapa masalah dalam sistem Aplikasi dan karenanya, menampilkan atau memberikan pemberitahuan/informasi yang salah kepada Pengguna. Atas permasalahan tersebut, Pengguna wajib menginformasikan kepada Home Credit, sehingga Home Credit dapat memberikan informasi yang benar.

  2. Sanggahan atas Pernyataan dan Jaminan

    Kecuali apabila diperlukan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, Home Credit tidak memberikan jaminan apapun, baik yang tersurat maupun tersirat, serta tidak membuat pernyataan sehubungan dengan Aplikasi. Khususnya, walaupun Aplikasi dilaksanakan dengan baik, Home Credit tidak menyatakan dan menjaminkan bahwa:

    • Aplikasi bebas dari virus dan kerusakan lainnya; atau
    • Akses Pengguna atas Aplikasi dapat digunakan seterusnya atau tidak terganggu.

  3. Batasan atas Tanggung Jawab Home Credit

    Home Credit dan para karyawan, pegawai, agen dan perwakilannya tidak akan bertanggung jawab atas suatu kerugian atau kerusakan terhadap Pengguna atau pihak lain, sebagaimana bentuknya apakah secara sengaja oleh Pengguna dan bukan karena kesalahan Home Credit, yang dapat timbul secara langsung atau tidak langsung sehubungan dengan suatu kesalahan, kelalaian atau pernyataan yang salah dalam setiap informasi atau materi yang disediakan dalam Aplikasi atau sebaliknya sebagai bentuk dari atau sehubungan dengan penggunaan Aplikasi atau informasi atau materi yang diberitahukan dalam Aplikasi.

  4. Ketersediaan dan Penggunaan

    Pengguna harus bertanggungjawab bahwa penggunaan atas Aplikasi ini adalah sah secara hukum atau tidak dilarang oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku untuk mereka atau dalam lokasi mereka.

    Home Credit setiap saat berhak untuk mengubah atau mencabut data dan/atau tampilan yang ada dalam Aplikasi.

  5. Jaminan

    Pengguna menjaminkan dan melepaskan Home Credit dan pihak yang berkepentingan sehubungan dengan setiap tanggung jawab, kerugian, biaya dan kerusakan apapun yang diderita oleh Home Credit dan pihak yang berkepentingan sebagai akibat langsung atau tidak langsung dari tindakan Pengguna yang melanggar bagian dari Ketentuan Penggunaan ini. Home Credit mempunyai hak (dengan kebijakannya sendiri) untuk mendapatkan pembelaan dan kendali secara ekslusif atas setiap hal sehubungan dengan ganti rugi oleh Pengguna dimana dalam hal tersebut Pengguna harus membantu dan bekerja sama dengan Home Credit untuk melaksanakan pembelaan tersebut.

  6. Hak Kekayaan Intelektual

    Hak Cipta dan setiap Hak Kekayaan Intelektual yang melekat pada Aplikasi semata-mata dimiliki oleh Home Credit dan/atau Grup Home Credit.

    Sebagaimana diatur dalam peraturan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia sehubungan dengan Hak Kekayaan Intelektual, tidak ada bagian dari Aplikasi diperbolehkan untuk direproduksi, salin, publikasikan, dibuat atau ditransmisikan dalam bentuk apa pun dengan cara apapun tanpa adanya persetujuan dari Home Credit. Kegagalan untuk tidak mengikuti ketentuan ini akan mengakibatkan Pengguna dikenakan sanksi secara perdata dan pidana sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

  7. Yurisdiksi

    Isi, penggunaan dan interpretasi atas Aplikasi dan Ketentuan Penggunaan diatur sesuai dengan ketentuan hukum Republik Indonesia. Pengguna dengan ini setuju bahwa dalam hal terjadi perselisihan yang timbul dari atau sehubungan dengan Aplikasi ini ("Perselisihan"), Home Credit dan Pengguna ("para pihak") dengan ini setuju untuk berusaha sedapat mungkin mencapai penyelesaian secara musyawarah. Apabila Perselisihan itu tidak dapat diselesaikan secara musyawarah, para pihak setuju bahwa Perselisihan itu akan diselesaikan untuk pertama dan terakhir kalinya melalui arbitrase. Proses arbitrase dilangsungkan di Jakarta sesuai dengan peraturan administrasi dan prosedur dari Badan Arbitrase Nasional Indonesia atau ("BANI") ("Peraturan BANI") yang berlaku. Majelis arbitrase akan terdiri dari satu arbiter yang ditunjuk oleh Ketua BANI dan bahasa yang akan digunakan adalah bahasa Inggris, dan masing-masing pihak dengan ini tunduk tanpa syarat dan tanpa dapat dicabut kembali pada kekuasaan wilayah hukum dari forum arbitrase tersebut.

  8. Perubahan atas Ketentuan Pengguna

    Home Credit dapat mengubah syarat dan ketentuan ini dari waktu ke waktu dengan menampilkan versi yang telah diubah pada Aplikasi dan/atau alamat situs perusahaan Home Credit. Pengguna bertanggung jawab untuk memeriksa syarat dan ketentuan secara rutin untuk melihat apabila terdapat suatu perubahan. Keberlanjutan atas penggunaan Aplikasi ini oleh Pengguna akan mengakibatkan Pengguna menerima perubahan tersebut.

    Apabila suatu bagian dari Ketentuan Penggunaan tidak dapat dipakai, maka bagian tersebut tidak mempengaruhi ketentuan lainnya. Bagian yang tidak berlaku tersebut akan digantikan dengan ketentuan yang sah.

© Hak Cipta 2020 PT Home Credit Indonesia


Kebijakan Privasi

Terakhir diperbaharui: 29 Januari 2020

Pendahuluan

PT Home Credit Indonesia ("Home Credit", "kami" atau "kita"), suatu Perusahaan Pembiayaan Indonesia yang memiliki izin dan terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan ("OJK"), yang mengoperasikan suatu Aplikasi Seluler ("Aplikasi"). Kebijakan Privasi ini menginformasikan kepada anda mengenai kebijakan kami tentang pengumpulan, penggunaan, analisis, penyimpanan dan pengungkapan data dan informasi pribadi yang kami terima dari penggunaan Aplikasi ( "Kebijakan").

Dengan masuk (log in) dan mendaftar ke Aplikasi serta menekan tombol "Setuju", anda mengonfirmasi bahwa anda telah membaca dan setuju dengan ketentuan, pengumpulan, penggunaan, analisis, penyimpanan dan pengungkapan data dan informasi pribadi sesuai dengan Kebijakan ini.

  1. Tujuan Pengumpulan dan Penggunaan Informasi dan/atau Data

    Informasi pribadi anda akan dikumpulkan, dicatat dan digunakan untuk tujuan pendaftaran Aplikasi, periklanan atau pemasaran untuk tujuan analisis data, akurasi verifikasi data dan/atau pengajuan setiap fasilitas pembiayaan yang disediakan oleh Home Credit, termasuk fasilitas Pembiayaan, peningkatan layanan, survei, riset/analisa, kerjasama dan/atau promosi dengan pihak ketiga yang secara sah mengikat Home Credit.

    Informasi pribadi sebagaimana disebutkan dalam Kebijakan ini mengacu kepada semua dan setiap informasi, data, dan/atau dokumen yang anda berikan kepada kami dan/atau diperoleh, diunduh, diambil atau diterima oleh kami dari anda atau telepon selular anda.

    Dengan mendaftar ke Aplikasi dan menekan tombol "Setuju", anda mengonfirmasi bahwa anda telah membaca dan setuju untuk menyediakan informasi pribadi anda kepada kami, termasuk informasi nomor telepon, tanggal lahir, foto (pilihan), perkiraan lokasi (berbasis jaringan), kepastian lokasi (Global Positioning System "GPS" dan berbasis jaringan), dan/atau informasi dan/atau data lainnya sebagaimana berlaku yang anda sediakan.

  2. Data Perangkat Pengguna

    Dengan memilih tombol "Verifikasi Data Anda" atau dengan mengajukan permohonan Pembiayaan melalui Aplikasi, anda setuju bahwa Home Credit, baik secara langsung oleh Home Credit atau oleh aplikasi pihak ketiga yang tertanam pada Aplikasi (termasuk perwakilan dan karyawannya yang sah), untuk dapat memberikan keputusan penilaian yang lebih baik, diberikan kewenangan oleh anda untuk mengunduh dan hanya menyimpan meta informasi (ukuran file, jumlah file, tanggal file dan resolusi) tetapi bukan konten dari: (i) akun dan aplikasi terdaftar, (ii) suara/audio, (iii) panggilan(-panggilan) telepon, (iv) data umum-operator telepon selular dan pengaturan (misal, jaringan operator dan penggunaan jaringan, Wi-Fi, Bluetooth, kota dan kode negara penyedia kartu SIM dan seluruh pengaturan dan perizinan telpon genggam), (v) Gmail, (vi) platform, (vii) informasi mengenai tipe perangkat (device type) dan perangkat keras/hardware, (viii) Layanan Pesan Singkat (SMS), (ix) browsing history dari telepon genggam anda, (x) kontak, (xi) gambar, (xii) video, (xiii) kalender, jadwal kalender, peserta yang hadir dan pengingat (xiv) data serta dokumen yang diunduh, dan (xv) kepastian lokasi GPS.

  3. Informasi dan/atau Data Pribadi Pengguna Yang Diperoleh dari Media Sosial/Rekening Bank Internet/Perdagangan Online ( Online Shop)

    Dengan memilih tersambung kepada tombol "Media Sosial"/" Internet Banking>"/ "Perdagangan Online (Online Shop)? dalam Aplikasi atau dengan memasukan permohonan aplikasi Pembiayaan melalui Aplikasi, Home Credit akan mengumpulkan riwayat laman yang anda kunjungi/transaksi perbankan/transaksi secara online yang akan dikumpulkan dari aplikasi pihak ketiga yang tertanam dengan Aplikasi yang bekerja sama dengan Home Credit untuk memberikan keputusan penilaian yang lebih baik. Jika anda memilih untuk menggunakan aplikasi ini untuk proses penilaian Home Credit atau mengirim permintaan untuk aplikasi Pembiayaan, anda akan disyaratkan untuk menekan tombol "Tersambung ke akun Media Sosial" dan/atau "Tersambung ke akun Internet Banking" dan/atau "Tersambung ke akun Perdagangan Online (Online Shop>)" dalam laman profil Aplikasi. Setelah anda menekan tombol salah satu pilihan di atas, anda harus masuk (log in) kepada akun Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) dengan cara memasukkan nama pengguna/username dan kata sandi/password anda. Setelah anda telah berhasil masuk kepada akun Media Sosial/ Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) anda, aplikasi pihak ketiga yang menempel dengan Aplikasi ini akan mengambil riwayat laman yang anda kunjungi/transaksi perbankan/transaksi online (khususnya untuk transaksi perbankan, informasi yang diambil adalah transaksi perbankan anda selama 6 bulan terakhir). Data yang diunduh dan disimpan melalui layanan ini hanya merupakan informasi metadata (ukuran file, jumlah file, tanggal file dan resolusi) tetapi bukan konten dari: (a) informasi akun media sosial; (b) informasi akun perdagangan online; dan (c) informasi akun perbankan melalui internet termasuk: (i) nama bank, (ii) negara bank, (iii) singkatan dari bank, (iv) nomor rekening bank, (v) kurs rekening bank, (vi) IBAN bank, (vii) nama pemilik rekening bank, (viii) informasi pinjaman, (ix) informasi aliran keuangan, dan (x) informasi transaksi, dan memberikan Home Credit dengan informasi tersebut dalam bentuk metadata. Home Credit hanya akan melihat tanggal dan nilai transaksi atas informasi tersebut dan tidak dapat melihat transaksi secara lengkap/detail. Home Credit (termasuk perwakilan dan petugasnya yang sah) tidak akan menyimpan nama pengguna/username> dan kata sandi/password Media Sosial/Internet Banking/Perdagangan Online (Online Shop) anda. Aplikasi pihak ketiga tidak akan menyimpan informasi tersebut ke dalam sistemnya. Home Credit akan menyimpan informasi yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga ke dalam sistemnya, akan tetapi, anda berhak untuk meminta agar informasi tersebut dihapus dari sistem Home Credit dengan cara hubungi layanan konsumen Home Credit melalui email ke: care@homecredit.co.id dan meminta agar Home Credit menghapus informasi tersebut dari sistem Home Credit.

  4. Log Data

    Kami mengumpulkan informasi mengenai riwayat laman yang anda kunjungi ( browsing history) termasuk jam dan periode browsing anda. Khususnya informasi yang browser atau sistem operasi anda kirimkan setiap kali anda mengunjungi Aplikasi ("Catatan Data" atau "Log Data"). Catatan Data ini dapat mencakup informasi seperti alamat Protokol Internet (Internet Protocol atau "IP"), versi dan tipe browser atau sistem operasi, aplikasi yang diinstal, waktu dan tanggal akses masuk anda ke dalam Aplikasi, Koordinat GPS, Nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI), produksi telepon, model telepon, nomor seri telepon, penyedia data, informasi dalam memori disk, waktu yang dihabiskan dan statistik lainnya.

  5. Penyimpanan Data

    Kami akan menyimpan informasi pribadi anda selama jangka waktu paling sedikit 5 (lima) tahun sejak terakhir kali anda menjadi Pengguna dan/atau sebagaimana dipersyaratkan berdasarkan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Selama periode tersebut Home Credit dapat memperbaharui data anda setiap bulan dengan ukuran data yang ditransfer tidak akan melebihi 3 MB per bulan. Anda mengetahui bahwa aktivitas ini dapat menggunakan paket data internet anda.

  6. Data yang Tidak Dikumpulkan

    Kami tidak akan mengumpulkan data/informasi sebagai berikut: (i) Nomor Identifikasi Pribadi (Personal Identification Number/PIN)/kata sandi atau informasi lainnya apapun untuk memperoleh akses ke akun anda, (ii) konten apapun dari: pesan teks, SMS, atau email(-email), foto, jaringan sosial, komunikasi app messenger, dan/atau file(-file) lainnya apapun dalam telpon selular anda.

  7. Pemberitahuan dan Pesan Pemasaran

    Kami dapat menggunakan informasi pribadi anda untuk mengirimkan pesan-pesan pemasaran dan informasi terbaru mengenai status aplikasi pembiayaan anda dan informasi lainnya (termasuk setiap pemberitahuan yang dipersyaratkan oleh hukum, sebagai pengganti komunikasi dengan surat melalui pos). Jika anda tidak ingin menerima pesan-pesan tersebut sebagai pesan yang muncul (pop up) dalam Aplikasi, anda dapat memilih untuk tidak menerima pesan-pesan tersebut (opt out) dengan mematikan tombol untuk pesan dengan mengikuti petunjuk dalam Aplikasi, akan tetapi, anda akan tetap menerima pesan tersebut di dalam inbox. Jika anda berkomunikasi dengan kami melalui email, kami dapat mempertahankan/menyimpan isi dari pesan email anda, alamat email anda dan tanggapan kami.

  8. Penyedia Layanan

    Kami dapat menggunakan perusahaan-perusahaan dan individu-individu pihak ketiga untuk memfasilitasi layanan kami, untuk menyediakan layanan atas nama kami, untuk menjalankan layanan terkait layanan-layanan atau untuk membantu kami dalam menganalisis bagaimana layanan kami digunakan. Pihak ketiga tersebut memiliki akses ke Informasi Pribadi anda hanya untuk melaksanakan tugas-tugas tersebut atas nama kami dan berkewajiban untuk tidak mengungkapkan atau menggunakan Informasi Pribadi tersebut untuk tujuan lain.

  9. Perubahan Kebijakan Privasi Ini

    Kami dapat memperbaharui Kebijakan ini dari waktu ke waktu. Anda bertanggung jawab untuk memeriksa syarat dan ketentuan ini secara rutin untuk melihat apabila terdapat suatu perubahan. Keberlanjutan atas penggunaan Aplikasi ini oleh anda akan mengakibatkan anda menerima perubahan tersebut.

    Apabila suatu bagian dari Kebijakan tidak dapat dipakai, maka bagian tersebut tidak mempengaruhi keabsahan dan keberlakuan ketentuan lainnya. Bagian yang tidak berlaku tersebut akan digantikan dengan ketentuan yang sah.

  10. Hubungi Kami

    Jika anda memiliki pertanyaan tentang Kebijakan ini, silahkan hubungi layanan pelanggan kami di: (021) 29539600.

© Hak Cipta 2020 PT Home Credit Indonesia